Elcane, Dwi Canna Orenta and Andik, Purwanto and Desy, Hanisa Putri (2020) PENGEMBANGAN LKPD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA DI KOTA BENGKULU (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI DWI CANNA.pdf [thumbnail of SKRIPSI DWI CANNA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DWI CANNA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik LKPD dan mengetahui
kelayakan LKPD menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk
melatihkan keterampilan berpikir kritis pada siswa SMA di kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan
model pengembang 3D (define, design, develop) yang dimodifikasi dari model
4D. Pengembangan ini menghasilkan karakteristik LKPD memiliki judul,
petunjuk belajar, kompetensi dasar,informasi pendukung, tugas pendahuluan,
kegiatan praktikum mengandung tahapan inkuiri terbimbing dan indikator berpikir
kritis. Pada tahap validasi, lembar kerja peserta didik divalidasi oleh 3 validator.
Kelayakan pengembangan LKPD dapat dilihat hasil dari validasi ahli yang
menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik sangat layak digunakan dengan
persentase sebesar 80%. Persentase tersebut merupakan rata-rata aspek penyajian
sebesar 85%, aspek isi sebesar 78%, aspek kebahasaan sebesar 81%, aspek inkuiri
terbimbing sebesar 77%, aspek keterampilan berpikir kritis sebesar 76%. Dengan
demikian, LKPD yang telah dikembangkan menggunakan model pembelajaran
inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA di
kota Bengkulu layak digunakan dalam kegiatan praktikum.
Kata kunci : LKPD, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:28 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12074 |