Andresa, Dwiva Debby and Herman, Lusa and Dalifa, Dalifa (2020) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI 57 DAN SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi dwiva debby andresa A1G016084.pdf [thumbnail of skripsi dwiva debby andresa A1G016084.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi dwiva debby andresa A1G016084.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model role playing terhadap
hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik SD Negeri 57 dan SD
Negeri 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the
matching only pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Negeri 57 dan SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen yang
digunakan adalah lembar tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan lembar
observasi sikap dan keterampilan. Pengambilan tes dilakukan sebanyak dua kali,
yaitu sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran berlangsung pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian
diperoleh bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 5,40, mata
pelajaran IPS sebesar 5,01 dan mata pelajaran PPKn 5,54 dengan pada taraf
signifikan 5% sebesar 2,00 dimana yang diperoleh lebih besar dari nilai
. Untuk hasil belajar aspek sikap presentase keseluruhan untuk kelas
eksperimen 63,76% sedangkan presentase sikap untuk kelas kontrol 50,67%.
Untuk hasil belajar aspek keterampilan presentase keseluruhan untuk kelas
eksperimen 72,46% sedangkan presentase keterampilan untuk kelas kontrol
62,67%. Dari data tersebut, terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih oleh siswa
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang
menggunakan model role playing di kelas IV SD Negeri 57 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Tematik, Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 30 May 2023 07:37 |
Last Modified: | 30 May 2023 07:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12078 |