PENGARUH PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research)

Prastika, Ega and Andik, Purwanto and Nirwana, Nirwana (2020) PENGARUH PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI EGA PRASTIKA BENAR-1-1.pdf] Text
SKRIPSI EGA PRASTIKA BENAR-1-1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pendekatan
(ICI) berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar, dan menentukan besar
pengaruh pendekatan pendekatan (ICI) berbantuan simulasi Phet terhadap hasil
belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas X MIPA di SMAN 09
Kota Bengkulu. Materi pelajaran yang dibahas adalah hukum newton gravitasi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan
desain penelitian nonequivalent control group design. Pengajaran dengan
pendekatan ICI berbantuan simulasi Phet digunakan sebagai kelas eksperimen dan
pengajaran dengan cara tanpa pendekatan ICI berbantuan simulasi Phet sebagai
kelas kontrol. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes untuk
hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diukur menggunakan uji-t untuk
mendeskripsikan hasil pretest dan post test pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Untuk mencari besar pengaruh pendekatan ICI berbantuan simulasi phet
digunakan effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari perbandingan nilai
sig.(2-Tailed) dengan uji independent T test antara pretest kelas kontrol dan
eksperimen sebesar 0.490 artinya tidak terdapat perbedaan dan post test kelas
control dan eksperimen sebesar 0,001 terdapat perbedaan atau ICI berpengaruh
terhadap hasil belajar, dengan besar pengaruh yaitu 0,78 atau ICI berbantuan
simulasi phet memberikan pengaruh sebesar 43% pada satu kali pertemuan. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Interactive conceptuan ictruction (ICI)
berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar siswa sebesar 43%.
Kata Kunci: Interactive Conceptual Instruction (ICI), Simulasi Phet, Hasil Belajar
Siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2023 07:37
Last Modified: 30 May 2023 07:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item
View Item