Kartika, Yeni and Panji, Suminar and Lisa, Adhrianti (2021) POLITICAL MARKETING PEMILIHAN KEPALA DAERAH BENGKULU UTARA TAHUN 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10 (1). pp. 85-96. ISSN 2252-665X
25- Jurnal Yeni.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (680kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui political marketing tim pemenangan Mian-Arie dan
kolom kosong sebelum dan sesudah pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkulu
Utara tahun 2020 dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teori political
marketing dengan pendekatan 4P (product, promotion, price and place). Informan pokok dan
informan ahli yang ditetapkan melalui teknik pusposive sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapati: (1) tim pemenangan Mian Arie berhasil meraih kemenangan dengan melakukan political marketing selama masa
kampanye, produknya meliputi pasangan Mian-Arie, visi-misi dan program kerja. Citra yang
dimilikipun positif dan memiliki strategi pemetaan wilayah yang terstruktur. (2) tim kolom
kosong melakukan political marketing dengan partai pendukung menjadi produk mereka di
media sosial. Citra kolom kosong di mata masyarakat adalah negatif, pemetaan wilayah
merekapun tidak mencakup seluruh wilayah karena keterbatasan dana. (3) setelah pilkada, kedua
tim tidak melakukan political marketing kembali
Kata Kunci: Political Marketing, Tim Pemenangan Mian-Arie, Kolom Kosong, Pilkada
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 08:55 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12139 |