Suhrini, Tantri and Lisa, Adhrianti and Eka, Vuspa Sari (2021) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA AIR TERJUN UNTUK MENDUKUNG PEMANGUNAN DAERAH (STUDI PADA WISATA AIR TERJUN PALAK SIRING, KELURAHAN KEMUMU KECAMATAN ARMA JAYA, KABUPATEN BENGKULU UTARA). Jurnal Kaganga, 5 (2). pp. 42-51. ISSN 2549-8142
27- 22732-Article Text-69295-80148-10-20230602.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (555kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi pariwisata melalui Promotion Mix
yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara pada objek wisata Air
Terjun Palak Siring untuk mendukung Pembangunan Daerah. Penelitian ini menggunakan
teori Promotion Mix. Data penelitian ini diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik
Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengancara wawancara mendalam
terhadap 7 informan, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi
pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara adalah melalui
berbagai variabel promosi diantaranya yaitu periklanan, penjualan perorangan, promosi
penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Namun ada hal yang menjadi
permasalahan pada strategi promosi pariwisatanya yakni tidak ada dana anggaran yang
diberikan pemerintah untuk mengembangkan potensi pariwisata pada objek wisata Air Terjun
Palak Siring Kemumu, pemasaran langsung juga belum terlaksana dengan optimal.
KataKunci: Strategi Promosi, Pariwisata, Pembangunan Daerah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:48 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12141 |