PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Saraseila, Fasadena and Karjiyati, Victoria and Neza, Agusdianita (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FASADENA SARASEILA-A1G016063.pdf] Text
SKRIPSI FASADENA SARASEILA-A1G016063.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics
Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V Sekolah Dasar
Gugus XIV Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode yang digunakan adalah quasy ekperimental dengan jenis desain the
matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini
adalah SD Gugus XIV Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan
cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas V di SDN 42 Kota
Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas V di SDN 24 Kota Bengkulu
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes
yang berbentuk uraian berjumlah 4 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu
sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan
kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, di mana thitung = 4,09 dan
ttabel = 2,07. Karena thitung > ttabel dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model realistic mathematics education terhadap kemampuan literasi
matematika siswa kelas V sekolah dasar gugus XIV kota Bengkulu.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Literasi
Matematika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:40
Last Modified: 09 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item
View Item