Sartika, Ferenc Fitriani and Syafdi, Maizora and Teddy, Alfra Siagian (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016049_FERENC FITRIANI_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016049_FERENC FITRIANI_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016049_FERENC FITRIANI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran 
kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) sehingga dapat meningkatkan aktivitas 
belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis 
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini 
adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu tahun ajaran 
2019/2020 berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan 
menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes 
kemampuan pemahaman konsep akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
penerapan Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan 
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Aktivitas belajar peserta 
didik dapat ditingkatkan dengan cara menunjuk secara acak peserta didik untuk 
memimpin membacakan masalah, melibatkan peserta didik untuk mengamati, 
membuat pertanyaan dan mengumpulkan data secara mandiri. Peserta didik berada 
pada kelompok belajar yang heterogen. Melatih peserta didik mengerjakan soal 
dengan indikator pemahaman konsep matematis. Peningkatan aktivitas dilihat dari 
skor rata-rata observasi aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II, 
yaitu: 20,75; 27,87. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat 
dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep dari siklus I hingga siklus II yaitu : 
(1) kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari : 58,90%; 73,20%. 
(2) mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang 
membentuk konsep tersebut : 42,80%; 57,10%. (3) menyajikan konsep dalam 
berbagai macam bentuk representasi matematis : 69,60%; 73,20%. (4) 
mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah yakni peserta didik 
dapat mengaplikasikan konsep untuk memecahkan masalah : 41,00%; 83,90%. 
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), 
Aktivitas Peserta Didik, Pemahaman Konsep Matematis.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 09 Jun 2023 03:16 | 
| Last Modified: | 09 Jun 2023 03:16 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12193 | 

