PENGEMBANGAN MODUL KIMIA LINGKUNGAN BERBASIS PENELITIAN ADSORPSI ZAT WARNA BATIK BESUREK PADA SILIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Madina, Fitri Esa and Lutfi, Firdaus and Rina, Elvia (2019) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA LINGKUNGAN BERBASIS PENELITIAN ADSORPSI ZAT WARNA BATIK BESUREK PADA SILIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS - FITRI ESA MADINA - A2L017011.pdf] Text
TESIS - FITRI ESA MADINA - A2L017011.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kondisi optimum variabel adsorpsi
pada penyerapan zat warna batik besurek oleh silika hasil sintesis dari pasir alam
Pantai Panjang. 2) Mengetahui parameter termodinamika dan kinetika adsorpsi zat
warna batik besurek oleh silika hasil sintesis dari pasir alam Pantai Panjang. 3)
Mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan untuk peningkatan kemampuan
berpikir kritis. 4) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa
terhadap pembelajaran kimia lingkungan dengan menggunakan modul. 5)
Mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran kimia lingkungan
menggunakan modul. Pengembangan modul dilakukan dengan metode R and D
model 4D yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Hasil penelitian yang
diperoleh dari penentuan pH larutan optimum pada pH 2. Waktu kontak optimum
60 menit. Berat adsorben optimum untuk mengadsorpsi zat warna Remazol
Brilliant blue yaitu 75 mg dan Remazol Black B yaitu 50 mg. Suhu optimum pada
30°C. Parameter termodinamika yang diperoleh yaitu ∆H° dan ∆G° bernilai negatif
menunjukkan bahwa reaksi terjadi secara eksoterm dan spontan. Sedangkan nilai
∆S° menunjukkan gangguan terhadap sistem selama adsorpsi kecil. Proses adsorpsi
mengikuti model isoterm Freundlich dan kinetika model pseudo orde 2.
Berdasarkan hasil validasi, modul dikategorikan valid. Berdasarkan data nilai
pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan
nilai N-gain 0.69 dalam kategori sedang. Respon mahasiswa terhadap
pembelajaran kimia lingkungan menggunakan modul pencemaran air oleh zat
warna sangat baik dengan nilai persentase respon angket terhadap kegiatan
pembelajaran menggunakan media modul sebesar 88,4 % dan terhadap media
modul yang digunakan dalam pembelajaran sebesar 89,2 %.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Modul, R and D, model 4D, Adsorpsi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:31
Last Modified: 09 Jun 2023 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12199

Actions (login required)

View Item
View Item