Komalasari, Fitria and Osa, Juarsa and Sri, Dadi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK DI KELAS IV SDN 17 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1G016079 SKRIPSI FITRIA KOMALASARI.pdf [thumbnail of A1G016079 SKRIPSI FITRIA KOMALASARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1G016079 SKRIPSI FITRIA KOMALASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan perilaku toleransi
siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu dengan
menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu.
Instrumen penelitian barupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data
observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih
skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus
rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hasil rata-rata penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament siklus I diperoleh 65 dan
siklus II meningkat 99,5. Hasil rata-rata perilaku toleransi siswa siklus I diperoleh
7,76 dengan kategori cukup dan siklus II diperoleh 13,62 dengan kategori sangat
baik. Prestasi belajar siklus I pada mata pelajaran IPS nilai rata-rata kelas sebesar
62,4 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 40% pada siklus II nilai rata-rata
kelas sebesar 82 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 76%. Mata pelajaran
Bahasa Indonesia siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 67,2 dengan ketuntasan belajar
klasikal sebesar 48% pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 80,4 dengan
ketuntasan belajar klasikal 85%. Mata pelajaran PPKn siklus I nilai rata-rata kelas
sebesar 69,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 52% pada siklus II nilai rata�rata kelas sebesar 78,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 84%. Dengan demikian
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
dapat meningkatkan prestasi belajar dan perilaku toleransi siswa pada pembelajaran
Tematik di kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Teams Games Tournament, Prestasi Belajar, Perilaku
Toleransi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:27 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12210 |