Friska, Friska and Nani, Yuliantini and Wurjinem, Wurjinem (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV PADA GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FRISKA (A1G016042).pdf [thumbnail of SKRIPSI FRISKA (A1G016042).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI FRISKA (A1G016042).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non�Example pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini 
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi 
Eksperimental dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest 
Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD pada 
gugus XIV Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVA SDN 45 Kota 
Bengkulu dan IVA SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan 
Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar 
pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui 
pretest dan posttest. Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan 
menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah 
analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat 
dan statistik inferensial. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. 
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh thitungsebesar 4,79 dengan ttabel pada taraf 
signifikan 5% sebesar 2,02 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Dengan rincian nilai 
rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 81,26 dan mata pelajaran IPA 
sebesar 89,61. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan 
kelas eksperimen yang menggunakan model Example Non-Example mempengaruhi 
hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model 
Example Non-Example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas 
IV SD Negeri pada Gugus XIV Kota Bengkulu.
Kata kunci: Tematik, Model Pembelajaran Example Non-Example, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:28 | 
| Last Modified: | 15 Jun 2023 02:28 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12214 | 

