ANALISIS SOAL BUATAN GURU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KONSEP HOTS DI SMAN 05 KOTA BENGKULU

Mayandri, Ghaisyah Dwi and Agus, Trianto and Rio, Kurniawan (2020) ANALISIS SOAL BUATAN GURU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KONSEP HOTS DI SMAN 05 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DRAFT SKRIPSI (Ghaisyah Dwi Mayandri A1A016057).pdf] Text
DRAFT SKRIPSI (Ghaisyah Dwi Mayandri A1A016057).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripisikan konstruksi soal buatan guru
SMAN 05 Kota Bengkulu tahun 2020. Penelitian ini menganalisis konstruksi soal
berdasarkan karakteristik HOTS yang mencakup keterampilan berpikir kritis, berpikir
kreatif, problem solving, dan mengambil keputusan. Metode penelitian yang
digunakan deskriptif kualitatif. Objek penelitian adala soal UTS kelas X dan kelas X
di SMAN 05 Kota Bengkulu. Pengambilan data dilakukan dengan mengambil data
dokumen yang berupa soal UTS kelas X dan XI. Teknik analisis data diawali dengan
menganalisis konstruksi soal, selanjutnya membuat tabel analisis data berdasarkan
karakteristik HOTS, dan terakhir mencari pola konstruksi soal. Hasil penelitian untuk
kelas X diperoleh lima pola konstruksi, pola konstruksi pertama yaitu terdapat 6 butir
soal memenuhi 4 aspek karakteristik HOTS, pola konstruksi kedua yaitu terdapat 1
butir soal memenuhi 3 aspek karakteristik HOTS, pola konstruksi ketiga yaitu
terdapat 1 soal memenuhi 2 aspek karakterisiktik HOTS, pola konstruksi keempat
yaitu terdapat 1 soal memenuhi 1 aspek karakteristik HOTS, pola konstruksi kelima
yaitu terdapat 12 butir soal yang sama sekali tidak mengukur HOTS pada siswa.
Sedangkan untuk soal UTS kelas XI hanya ditemukan 2 pola konstruksi, pola
konstruksi pertama yaitu 2 butir soal memenuhi 3 aspek karakteristik HOTS, dan pola
konstruksi kedua yaitu terdapat 18 butir soal yang tidak memiliki kriteria sebuah soal
dapat dikatakan HOTS. Kesimpulan dari penelitian ini adala 15 % dari keseluruhan
soal ditemukan pola dengan konstruksi pertama yaitu terdapat 6 butir soal memenuhi
4 aspek karakteristik HOTS.7,5 % pola dengan konstruksi kedua yaitu terdapat 3
butir soal memenuhi 3 aspek karakteristik HOTS. 2,5 % pola dengan konstruksi
ketiga yaitu terdapat 1 soal memenuhi 2 aspek karakterisiktik HOTS. 2,5 % pola
dengan konstruksi keempat yaitu terdapat 1 soal memenuhi 1 aspek karakteristik
HOTS. 75 % pola dengan konstruksi kelima yaitu terdapat 30 butir soal yang sama
sekali tidak mengukur HOTS pada siswa.
Kata kunci: analisis, soal,konsep HOTS.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:11
Last Modified: 15 Jun 2023 03:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12220

Actions (login required)

View Item
View Item