Purnomo, Hendrik and Bambang, Suwarno and Azwandi, Azwandi (2020) AN EXPLORATION OF SOME ESSENTIAL FEATURES OF THE 2018/2019 SMP ENGLISH NATIONAL EXAMINATION ITEMS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Hendrik's Thesis title, preface, table of content.pdf [thumbnail of Hendrik's Thesis title, preface, table of content.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hendrik's Thesis title, preface, table of content.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui beberapa fitur esensial dari soal-soal
Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Ada 50 soal pilihan ganda
yang ada dalam paket soal tersebut yang diteliti. Instrumen penelitian ini
menggunakan checklists Kriteria Penilaian kualitatif Puspendik, TaksonomiBloom, dan Taksonomi Anderson. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: Pertama, jika dilihat dari segi kualitas dan karakteristiknya, telah
ditemukan ada 38 (76%) soal yang valid dan 12 (24%) soal yang tidak valid.
Dari jumlah soal yang tidak valid tersebut, jumlah soal yang tidak memenuhi
kriteria penulisan soal dari aspek materi ada10 (58,82%), dari aspek bahasa
ada 4 (23,53%), dan dari aspek konstruksi ada3 (17,65%); Kedua, jika dilihat
dari segi proses kognitif, telah ditemukan ada 24 (48%) soal mengukur level
pemahaman (memahami), 8 (16%) soal mengukur level pengetahuan
(mengingat), 6 (12%) soal mengukur level penerapan (mentransfer), 6 (12%)
soal mengukur evaluasi (menilai), 5 (10%) soal mengukur level analisis
(menghubungkan), dan 1 (2%) soal mengukur level sintesis (mencipta);
Ketiga, jika dilihat dari segi kasifikasi HOTS/LOTS, telah ditemukan ada 38
(76%) soal LOTS dan 12 (24%) soal HOTS; Keempat, jika dilihat dari segi
level pengetahuan, telah ditemukan ada 24 (48%) soal yang mengukurlevel
pengetahuan konseptual, 12 (24%) soal mengukur level pengetahuan meta- kognitif, 8 (16%) soal mengukur level pengetahuan faktual, dan 6 (12%) soal
mengukur level pengetahuan prosedural. Secara umum paket soal tersebut
memilki kualitas cukup tinggi sehingga paket soal tersebut cukup pantas
menjadi instrumen test bagi siswa tersebut. Jumlah soal yang mengukur level
penerapan (mentransfer) dan sintesis(mencipta) perlu ditambah, sedangkan
jumlah soal yang mengukur level pengetahuan (mengingat), pemahaman
(memahami), analisis (menghubungkan), dan evaluasi (menilai) perlu
dikurangi agar paket soal tersebut dapat mengukur perkembangan bahasa
siswa tersebut secara kronologis dan efektif.Jumlah soal HOTS perlu
dikurangi agar paket soal tersebut menguji sesuai dengan kompetensi
bahasa Inggris siswa. Paket soal tersebut dominan mengembangkan
kompetensi bahasa siswa secara terbatas karena terlalu dominan mengukur
level pengetahuan konseptual.Oleh karena itu, disarankan agar pembuat soal
tersebut ditingkatkan, diuji coba, dan diseleksi secara ketat kemampuannya.
Kata-kata Kunci: Test Kualitas dan Karakteristik, Test Proses Kognitif, Test
Klasifikasi HOTS/LOTS, Test Level Pengetahuan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 04:14 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 04:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12234 |