Susanti, Hermi and Irwan, Koto and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![tesis lengkap Hermi.pdf [thumbnail of tesis lengkap Hermi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
tesis lengkap Hermi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan media
video YouTube terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada
pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasy experiment. Desain
pada penelitian ini yaitu One Group Pretest And Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD
Negeri 22 Bengkulu Selatan. Sampel dalam penelitian ialah siswa
kelas VA berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes
tertulis terdiri dari dimensi kemampuan berpikir lancar, kemampuan
berpikir luwes, kemampuan berpikir orisinil, kemampuan berpikir
merinci, dan kemampuan berpikir menilai. Data hasil penelitian
menggunakan analisis inferensial Paired Samples T-Test dengan
bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning
(CTL) dengan media video YouTube terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD.
Kata Kunci : Model Pembelajaran CTL, Video YouTube, Berpikir
Kreatif, IPA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 09:06 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 09:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12261 |