Vera, Hesti and Rina, Elvia and Hermansyah, Amir (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI HESTI VERA (A1F013069).pdf [thumbnail of SKRIPSI HESTI VERA (A1F013069).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HESTI VERA (A1F013069).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
di kelas XI IPA I SMA N 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 siswa.
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar
kimia siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes yang
terdiri dari posttest, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Dari hasil
penelitian ini terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar kimia
siswa. Pada aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 23,3
meningkat pada siklus II menjadi 31 dan 40,3 pada siklus III dengan
kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,51 ; siklus II
sebesar 73,66 ; dan siklus III sebesar 80,14. Daya serap siswa pada
siklus l sebesar 63,51% ; siklus ll sebesar 73,66% ; dan siklus lll sebesar
80,14%. Ketuntasan belajar siswa pada siklus l sebesar 37,14% ; siklus ll
sebesar 71,43% ; dan siklus lll 85,71%.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, KOKAMI (Kotak dan Kartu
Misterius)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:26 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 03:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12265 |