RAGAM BAHASA PADA TUGAS MENULIS PANTUN SISWA KELAS VIII-5 DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Alfera, Dia Agustina and Chandra, Dian Eka and Diani, Irma (2019) RAGAM BAHASA PADA TUGAS MENULIS PANTUN SISWA KELAS VIII-5 DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan bentuk
ragam bahasa dan makna ragam bahasa pada tugas menulis pantun siswa kelas VIII-
5 di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu berdasarkan konteks penggunaan bahasa.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan menggunakan
teknik dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Untuk analisis data digunakan
langkah-langkah berikut: 1) Membaca teks pantun, 2) Mengidentifikasi data teks
pantun, 3) Mengklasifikasi data teks pantun dari segi (jenis, rima, diksi, kalimat dan
makna berdasarkan konteks penggunaan bahasa), 4) Menganalisis data dalam
bentuk tabel yang terdiri dari kolom jenis, rima, diksi, kalimat dan makna
berdasarkan konteks penggunaan bahasa, 5) Membuat kesimpulan tentang
penggunaan ragam bahasa. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh gambaran
ragam bahasa dalam pantun siswa kelas VIII-5 di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu
dilihat dari jenis, rima, diksi, kalimat, dan makna berdasarkan konteks penggunaan
bahasanya ini merupakan ragam bahasa sastra dan ragam bahasa tulis yang
dituliskan. Terdapat dua jenis pantun yaitu, jenis pantun remaja dan pantun orang
tua. Tema yang ditulis oleh siswa ada tiga yaitu tema cinta, pendidikan dan nasihat.
Rima yang terdapat pada pantun yaitu rima a-a-a-a dan rima a-b-a-b. pada isi pantun
terdapat Sembilan jenis kalimat yaitu, 1) kalimat imperatif suruhan dan kalimat
deklaratif, 2) kalimat deklaratif, 3) kalimat imperatif permintaan, 4) kalimat
deklaratif dan imperatif ajakan, 5) kalimat imperatif suruhan, 6) kalimat
eksklamatif, 7) kalimat eksklamatif dan imperatif ajakan, 8) kalimat imperatif dan
deklaratif, dan 9) kalimat imperatif dan imperatif suruhan. Makna pada teks pantun
siswa dengan tema cinta secara keseluruhan merupakan penyampaian perasaan dari
penulis kepada pembaca seperti ungkapan perasaan yang menyatakan perasaan
mereka saat merindukan pasangannya dan ada pula ungkapan rayuan untuk
pasangannya. Sedangkan makna pada teks pantun siswa yang berjeniskan pantun
orang tua dengan tema nasihat dan tema pandidikan ini secara keseluruhan
merupakan ungkapan motivasi dari penulis kepada pembaca tentang pesan-pesan
kehidupan dalam meraih kesuksessan khususnya di dunia pendidikan.
Kata kunci: pantun, ragam bahasa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:17
Last Modified: 05 Jul 2023 04:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12386

Actions (login required)

View Item
View Item