Maryana, Okti and Arifin, Arifin and Trianto, Agus (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SISWA KELAS VIII SMP N 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan kemampuan penalaran yang diajar
menggunakan model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas VIII 4 dengan
siswa kelas VIII 5 SMP N 3 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode quasi eksperimen menggunakan model desain
Nonequivalent Posttest-Only Control Group Desain. Data dalam penelitian ini
adalah data kuantitatif yaitu nilai kemampuan penalaran kelas eksperimen
(menggunakan model pembelajaran berbasis proyek) dan kelas kontrol (tanpa
menggunakan model pembelajaran berbasis proyek). Penelitian ini dilakukan
serentak oleh 56 siswa, yang dibagi menjadi 2 kelompok, 1 kelompok masuk
dalam kelas eksperimen dan 1 kelompok masuk kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian, terdapat perbedaan
kemampuan penalaran siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek pada siswa kelas VIII 4 dan tanpa menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas VIII 5 SMPN 3 Kota Bengkulu.
Kemampuan penalaran siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek memperoleh nilai rata-rata lebih besar daripada siswa yang diajar
tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Jadi, model
pembelajaran berbasis proyek lebih baik digunakan dalam pembelajaran daripada
tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran, Model Pembelajaran Berbasis Proyek.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:51 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12417 |