KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA BENGKU

Handayani, Riska and Gumono, Gumono and Arifin, Arifin (2019) KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA BENGKU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi
unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Kota Bengkulu. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Sampel penelitian
berjumlah 47 orang siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan
adalah purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
analisis data menggunakan persentase dalam mengidentifikasi unsur pembangun
cerita fantasi. Hasil penelitian kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun
cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dari keseluruhan aspek
memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,89 termasuk dalam kategori cukup berada
pada rentang nilai 56-69. Artinya siswa belum baik dalam mengidentifikasi unsur
pembangun cerita fantasi. Sehingga perlu memperdalam materi pada cerita
fantasi khususnya dalam mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi aspek
tema, alur, latar dan penokohan. Hasil penelitian kemampuan mengidentifikasi
unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dari
keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,89 termasuk dalam
kategori cukup.
Kata Kunci : Membaca, Mengidentifikasi, Cerita Fantasi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:50
Last Modified: 06 Jul 2023 02:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12429

Actions (login required)

View Item
View Item