Asih, Sang Ayu Nyoman Putri Sri and Hamzah, Syukri and Gumono, Gumono (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DENGAN STRATEGI KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar
membaca pemahaman mengunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) dengan
strategi konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi. Pengambilan sampel
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 27 siswa
kelompok 1 dan 27 siswa kelompok 2. Instrumen penilitian berupa tes objektif
(pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan diperoleh
bahwa (1) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi
DRA (Directed Reading Activity) siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu
diperoleh rata-rata (post test) sebesar 78,52 kategori baik dan (2) hasil belajar
kemampuan membaca pemahaman dengan strategi konvensional siswa kelas XI SMA
Negeri 9 Kota Bengkulu dengan rata-rata sebesar 68,52 kategori cukup. Serta (3)
terdapat perbedaan kategori penguasaan pemahaman. Penerapan strategi DRA
(Directed Reading Activity) dapat meningkatkan pemahaman reorganisasi siswa
dengan baik dan lebih aktif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.Secara
keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan
strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam memahami sebuah teks narasi. Selain itu dapat lebih meningkatkan aktivitas
belajar siswa di kelas.
Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Membaca, Pemahaman
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12431 |