KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 3 BENGKULU TENGAH

Larasakti, Saritiya and Gumono, Gumono and Susetyo, Susetyo (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 3 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi
siswa kelas X SMAN 3 Bengkulu Tengah Tahun 2019 ini akan dinilai dari empat aspek,
yaitu : Isi,struktur Penguasaan kosa kata, dan ejaan. Metode penelitian yang digunakan
yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik random sampling (sampel acak) . Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian yaitu statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata dari setiap aspek,
serta mencari skor akhir. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa: 1). Rata-rata
kemampuan menulis teks biografi siswa yang dilihat dari aspek isi adalah 24,925
berkategori (baik). 2). Rata-rata kemampuan menulis teks biografi siswa dilihat dari
aspek struktur 29,6 berkategori (Baik). (3). Rata-rata kemampuan menulis dari aspek
penguasaan kosa kata 16,1 berkategori (Baik).(4). Rata-rata menulis teks biografi dari
aspek ejaan 6,55 berkategori (Cukup). (5) Rata-rata nilai akhir kemampuan menulis teks
biografi siswa kelas X SMAN 3 Bengkulu Tengah Tahun 2019 adalah 76,175 tergolong
berkategori (Baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa kelas X SMAN
3 Bengkulu Tengah dapat menulis teks Biografi dengan baik. Meskipun masih ada
beberapa siswa dalam menulis dinyatakan sangat kurang,dan beberapa diantaranya hasil
teks biografi yang di buat oleh siswa banyak terdapat kata atau bahasa istilah yang di
tuliskan pada teks biografi yang di buat, bahasa yang digunakan tersebut terlalu tinggi
untuk ukuran kemampuan siswa SMA yang masih duduk di kelas X dan beberapa siswa
masih banyak yang mengalami kesalahan penulisan baik penulisan titik koma maupun
huruf, namun secara keseluruhan para siswa sudah dapat menulis teks biografi dengan
baik.
Kata Kunci : kemampuan, menulis, teks biografi.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:49
Last Modified: 06 Jul 2023 02:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item
View Item