ANALISIS WACANA KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PELAKSANAAN DEBAT KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2019

Handayani, Tri Rizki Meri and Trianto, Agus and Ariesta, Ria (2019) ANALISIS WACANA KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PELAKSANAAN DEBAT KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2019. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wacana kelas
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pelaksanaan debat kelas X
SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini
menggunakan catatan lapangan observasi. Sumber data pada penelitian ini
yaitu guru dan siswa pada pelaksanaan debat. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini: (1) merekam data, (2) pentranskripsian data, (3) pengkodean
data, (4) pengklasifikasian data, (5) analisis data, (6) penyimpulan data.
Hasil penelitian ini dalam wacana kelas terdapat empat pola dalam
peristiwa tutur pembelajaran yaitu Teacher Structuring terdapat delapan
peristiwa diantaranya: tindak menyatakan, rasa syukur, ungkapan pujian,
ungkapan kepuasan, tindak berusaha, tindak mendikte, penanaman
kebiasaan tertib dan penumbuhan keterliban menyusun pertanyaan.
Teacher Soliciting terdapat tiga puluh satu peristiwa diantaranya: tindak
memberitahukan, memperkirakan, menegaskan, menyimpulkan, meyakini,
rasa eling, ungkapan pembrian maaf, menjanjikan, mengajak, menjamin,
memerintah, membatasi, menuntun, mensyaratkan, meminta, mengajak,
mengundang, menasehati, mengigatkan, membolehkan, mengizinkan,
menoleransi, kebiasaan sopan, menyusun jawaban, menyatakan pendapat,
memberikan komentar, bekerjasama secara berpasanagan, bekerjasama
secara klasikal dan rasa yakin. Learner Responding terdapat peristiwa
tindak menolak dan Teacher Reacting terdapat dua belas peristiwa
diantaranya: tindak menyetujui, mengakui, ungkapan kekhawatiran,
ungkapan kekecewaan, permintaan maaf, mengancam, menginstruksi,
memperingatkan, bertanya, menyarankan, kebiasaan disiplin, dan rasa
berani.
Kata kunci : Wacana kelas, pelaksanaan debat.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:39
Last Modified: 06 Jul 2023 02:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12440

Actions (login required)

View Item
View Item