PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IXA MTs NEGERI 1 LEBONG

Damhuri, Dedi and Idrus, Irdam and Jumiarni, Dewi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IXA MTs NEGERI 1 LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas
belajar peserta didik, serta hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik
dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur di kelas IXA MTs
Negeri 1 Lebong pada materi bioteknologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri
atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IXA MTs
Negeri 1 Lebong tahun ajaran 2018/2019, yang terdiri dari 35 peserta didik.
Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur, aktivitas
mengajar guru dan belajar peserta didik serta hasil belajar ranah kognitif dan
psikomotorik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan
tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian dari analisa data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh
skor rata-rata 22 (baik), siklus II menjadi 24,5 (baik). Hasil analisis data
observasi aktivitas peserta didik pada siklus I, diperoleh skor rata-rata 20,5
(cukup), meningkat menjadi 23 (baik) pada siklus II. Hasil analisis data hasil
belajar psikomotorik pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata 12,4 (cukup) dan pada
siklus II diperoleh skor rata-rata 15,6 (baik). Kemudian, hasil belajar ranah
kognitif pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 65,71%, dan meningkat
pada siklus II menjadi 77,14%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model
pembelajaran Inkuiri terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IXA MTs Negeri 1 Lebong. Kata Kunci : Inkuiri Terstruktur, Bioteknologi, Aktivitas Peserta Didik, Aktivitas
Guru,Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:37
Last Modified: 06 Jul 2023 02:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item
View Item