PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XMIPA3 SMAN 9 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas

Lubis, Riska Muliana and Irawati, Sri and Kasrina, Kasrina (2019) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XMIPA3 SMAN 9 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik
dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru
dan seluruh peserta didik kelas XMIPA 3 SMAN 09 Kota Bengkulu. Pengumpulan
data menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik
deskriptif. Aktivitas guru di siklus I memperoleh skor 56 dengan kriteria baik,
pada siklus II meningkat menjadi 60 dengan kriteria baik. Aktivitas peserta didik
di siklus I memperoleh skor 55 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat
menjadi 69 dengan kriteria baik. Hasil belajar peserta didik aspek kognitif siklus I
mendapatkan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69% dengan kriteria
belum tuntas, dan di siklus II meningkat menjadi 82,7% dengan kriteria tuntas,
sedangkan hasil belajar aspek psikomotor pada siklus I mendapat skor rata-rata
10,93 dan meningkat di siklus II menjadi 11,62. Hasil penelitian disimpulkan
bahwa model siklus belajar (learning cycle) 5E menggunakan media teka-teki
silang meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar
peserta didik
Kata Kunci: Siklus belajar, aktivitas pembelajaran dan hasil belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item
View Item