PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XIIPA2 SMAN 1 KEPAHIANG

Agusrialni, Zelin and Idrus, Irdam and Yennita, Yennita (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XIIPA2 SMAN 1 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas
peserta didik dan meningkatkan hasil belajar menggunakan model discovery
learning di kelas XI IPA2 SMAN 1 Kepahiang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri
dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
guru peneliti dan seluruh siswa kelas XI IPA2 SMAN 1 Kepahiang. Variabel
penelitian ini adalah model discovery learning dan hasil belajar. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data
aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 37,5 (baik) dan pada siklus II
skor meningkat menjadi 42 (baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik pada
siklus I diperoleh skor rata-rata 36,5 (baik) dan pada siklus II diperoleh skor rata�rata 41 (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I
yaitu 54,28% yang termasuk kedalam kategori belum tuntas dan pada siklus II
yaitu 82,85% dan termasuk dalam kategori tuntas. Hasil belajar ranah
keterampilan pada siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 11,94 (cukup) dan pada
siklus II skor rata-rata 13,28 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik di kelas XI IPA2 SMAN 1 Kepahiang.
Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, model discovery learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:24
Last Modified: 06 Jul 2023 08:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12492

Actions (login required)

View Item
View Item