Pratiwi, Anggun and Syahriman, Syahriman and Sinthia, Rita (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGIKUTI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA IV DI SMA NEGERI 2 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan
bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan mengikuti mata pelajaran
matematika siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Metode
yang digunakan adalah metode eksperimen pola one group pre-test and post-test.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2
Bengkulu Utara berjumlah 10 orang. Prosedur pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala
model likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan
bahwa tingkat kecemasan mengikuti mata pelajaran matematika siswa sebelum
diberikan layanan rata-rata skor 165,5 dengan kategori tinggi. Nilai setelah
diberikan layanan rata-rata skor 115,5 kategori rendah. Hasil uji t menunjukan
nilai t= (14.652) dan sig. (2-tailed) 0.000 yang berarti nilai signifikan 0,000 < 0,05
sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan
terhadap tingkat kecemasan mengikuti pelajaran matematika siswa sebelum dan
setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X IPA IV di SMA
Negeri 2 Bengkulu Utara.
Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, kecemasan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:35 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12495 |