Safitri, Eza Oktaviani and Elita, Yessy and Rita, Sinthia (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN LATAR BELAKANG ANAK YANG BROKEN HOME DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan 
konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar dengan latar belakang 
anak yang broken home. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen 
dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 
VII.E dan VII.F SMP N 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa. Sampel 
menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 8 siswa. Data hasil 
penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
kemandirian belajar siswa broken home mengikuti aktivitas konseling kelompok 
meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dengan 
nilai z = -2.524a
dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 
< 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok 
terhadap kemandirian belajar siswa broken home mengikuti aktivitas konseling 
kelompok di SMP N 11 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Siswa, Konseling Kelompok
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 07 Jul 2023 04:04 | 
| Last Modified: | 07 Jul 2023 04:04 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12504 | 

