Mardianti, Lira and Dharmayana, I Wayan and Arsyadani, Mishbahuddin (2019) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IIS 1 DI SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres akademik pada
siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini
adalah eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu yang
berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian sebanyak 6 orang siswa dari kelas XI IIS 1
SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data hasil
penelitian ini dianalisis menggunakan uji Z. Hasil yang diperoleh dalam penelitian
ini menunjukkan penurunan stres akademik siswa setelah diberikan treatment
berupa konseling kelompok dengan teknik instruksi diri. Hal ini ditunjukkan
dengan nilai z= -2,201 dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,028 yang
berarti 0,028 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan
konseling kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres
akademik pada siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Stres Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Instruksi Diri
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 04:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 04:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12520 |