Anisa, Anisa and Medriati, Rosane and Desi, Hanisa Putri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dan hasil belajar
pada konsep momentum dan impuls antara siswa yang diajar dengan model quantum
learning dan siswa yang diajarkan dengan model direct instruction. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen. Sampel Penelitian ini diambil dengan teknik purposive
sampling, diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai
kelas kontrol SMAN 8 Rejang Lebong. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan
tes pemahaman konsep dan hasil belajar berupa soal uraian pada konsep momentum dan
impuls. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman
konsep dengan model Quantum Learning dengan rata-rata 80,45 lebih tinggi dibandingkan
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran direct instruction
dengan rata-rata 60,12 dan t hitung pemahaman konsep 9,71 yang lebih besar dari t tabel yaitu
1,67155 dan hasil belajar dengan model Quantum Learning menggunakan nilai rata-ratanya
80,61 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 57,29 dengan t hitung
hasil belajar 8.68 yang lebih besar dari t tabel pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan hasil belajar model
Quantum Learning pada siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 8 Rejang Lebong yang berarti
terdapat pengaruh quantum learning.
Kata Kunci: quantum learning, pemahaman konsep, hasil belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:34 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12572 |