THE EFL TEACHERS’ PERCEPTION ON BUILDING UP INTERCULTURAL COMMUNICATIVE COMPETENCE IN THE CLASSROOM

Siahaan, Aris Dermawan and Medriati, Rosane and Eko, Risdianto (2019) THE EFL TEACHERS’ PERCEPTION ON BUILDING UP INTERCULTURAL COMMUNICATIVE COMPETENCE IN THE CLASSROOM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa penuntun praktikum
Fisika Dasar II dengan menggunakan teknologi augmented reality pada materi
rangkaian listrik dan optik geometris yang valid, serta untuk mengetahui tanggapan
mahasiswa mengenai penuntun praktikum menggunakan teknologi augmented
reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Pengembangan
4D, yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination yang disesuaikan karena
tidak melalui tahap Dissemination. Validasi desain dilakukan oleh 3 judgement ahli
untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek isi, penyajian, kepraktisan,
bahasa, dan keterkaitan materi dengan media. Hasil uji validitas aspek isi
didapatkan hasil persentase sebesar 80% dengan kategori sangat baik, aspek
penyajian sebesar 79,17% dengan kategori sangat baik, aspek kepraktisan sebesar
90,48% dengan kategori sangat baik, aspek Bahasa 98% dan aspek keterkaitan
materi dengan media sebesar 86,11% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum Fisika Dasar II
menggunakan teknologi augmented reality pada materi rangkaian listrik dan optik
geometris yang dikembangkan sudah valid dan teruji dengan persentase rata-rata
uji validitas yaitu 86,74% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Respon
tanggapan yang diberikan mahasiswa terhapat penuntun praktikum tergolong baik,
terlihat dari antusias penggunaan media augmented reality pada saat praktikum.
Mahasiswa tertarik dan media penuntun praktikum menggunakan teknologi
augmented reality dapat dijadikan bahan belajar mandiri.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Penuntun Praktikum, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:33
Last Modified: 10 Jul 2023 04:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item
View Item