DESKRIPSI HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 3 KEPAHIANG

Wulandari, Aulia and Fransiska, Connie and Eko, Risdianto DESKRIPSI HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 3 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan
model direct instruction berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA di SMP
Negeri 3 Kepahiang. (2) Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa dengan
model direct instruction berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA di SMP
Negeri 3 Kepahiang. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa membuat
mind mapping dengan model direct instruction berbasis mind mapping pada
pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Kepahiang. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D
SMP Negeri 3 Kepahiang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk melihat minat belajar
siswa, lembar test untuk melihat hasil belajar siswa dan lembar tugas untuk
melihat kemampuan siswa membuat mind mapping. Berdasarkan hasil tes evaluasi
pada penelitian pertemuan 1 diperoleh hasil belajar siswa dalam kategori sangat
kurang. Pertemuan 2 diperoleh hasil belajar siswa dalam kategori sangat kurang.
Pada pertemuan 3 diperoleh hasil belajar siswa dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil angket minat pada pertemuan 1 rata-rata persentase minat
belajar dalam kategori kurang. Pada pertemuan 2 persentase rata-rata minat belajar
Siswa dalam kategori kurang. Pada pertemuan 3 persentase rata-rata minat belajar
siswa dalam kategori baik. Berdasarkan hasil lembar tugas membuat mind
mapping pada pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata kelas dalam kategori sangat
kurang. Pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata dalam kategori baik. Pada pertemuan
3 diperoleh skor rata-rata kelas siswa dalam kategori baik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction, Minat Belajar, Mind
Mapping.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:33
Last Modified: 10 Jul 2023 03:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item
View Item