Asmania, Deska and Koto, Irwan and Andik, Purwanto (2019) PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI (FIX).pdf [thumbnail of SKRIPSI (FIX).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI (FIX).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi sains yang dapat
mengevaluasi kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.
Bentuk penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan model
prosedural ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Pada tahap analisis telah dilakukan kajian literatur dan wawancara sebagai bahan analisis
kebutuhan. Hasil analisis menunjukkan sangat dibutuhkannya instrumen literasi sains
untuk mengevaluasi kemampuan literasi sains siswa. Pada tahap desain telah dibuat
rancangan tes literasi sains berupa kisi-kisi soal berdasarkan aspek literasi sains dari
PISA. Pada tahap pengembangan telah dikembangkan instrumen tes pilihan ganda yang
divalidasi melalui expert judgement dan uji coba terbatas. Hasil uji coba instrumen tes
literasi sains menunjukkan dari 25 soal yang diuji coba terdapat 2 soal yang tidak valid,
yaitu soal nomor 19 dan soal nomor 20 (direvisi). Sedangkan untuk reliabilitas instrumen
tes sebesar 0,87 (reliabel) dengan memiliki taraf kesukaran soal kategori soal sedang dan
soal sukar, serta daya pembeda soal yang cukup dan baik. Pada tahap penerapan
menunjukkan kemampuan literasi sains siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota
Bengkulu masih tergolong rendah. Dari 91 siswa yang diukur ketercapaian literasi sains,
1% siswa berada pada kategori sangat baik, 11% siswa berada pada kategori baik, 32%
siswa berada pada kategori sedang, 48% siswa berada pada kategori kurang baik, dan 8%
siswa berada pada kategori sangat kurang baik. Pada tahap evaluasi diketahui bahwa
instrumen yang dikembangkan telah sesuai dengan model prosedural ADDIE dengan
mempertimbangkan saran dari validator ahli dan tanggapan siswa sebagai bahan
perbaikan.
Kata kunci: pengembangan model ADDIE, instrumen tes, kemampuan literasi sains
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12592 |