Desilva, Dona and Sakti, Indra and Rosane, Medriati (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (Higher Order Thinking Skills) PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
skripsi dona.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan desain instrumen penilaian hasil belajar 
fisika berorientasi HOTS 2) mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar 
fisika berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skilss) yang valid dan 3) 
mendeskripsikan karakteristik instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi 
HOTS yang valid, pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini 
merupakan R&D level 1 (Sugiyono, 2017) yang diadaptasi menjadi delapan tahap 
yaitu potensi masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, 
validasi desain, desain teruji, produk awal, validasi produk dan produk teruji. 
Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika di SMAN 02 Kota 
Bengkulu, SMAN 07 Kota bengkulu dan SMAN 10 Kota Bengkulu. Berdasarkan 
hasil pada tahap potensi dan masalah, diketahui bahwa instrumen penilaian hasil 
belajar fisika yang digunakan di 3 Sekolah tersebut belum brorientasi HOTS 
sehingga dilanjutkan dengan dikembangkannya instrumen penilaian hasil belajar 
fisika berorientasi HOTS. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Desain 
instrumen HOTS yaitu bentuk soal: pilihan ganda dan uraian, penyajian soal : 
paper test, konteks soal : di luar kelas (kontekstual), materi : Elastisitas dan 
Hukum Hooke dan indikator soal : HOTS, 2) Hasil uji validitas oleh judgement 
ahli dan praktisi yang berada pada kategori sangat valid dengan presentase 
97,14% untuk aspek materi, 98,33% untuk aspek konstruksi dan 100% untuk 
aspek bahasa, dan 3) Karakterisitik instrumen HOTS yaitu mengacu pada 
indikator HOTS (berada pada level kognitif C4 atau C5 atau C6), menggunakan 
Kata Kerja Operasional (KKO) level C4 atau C5 atau C6, kontekstual dan 
menggunakan stimulus (teks, gambar, tabel).
Kata Kunci: HOTS, instrumen penilaian, hasil belajar, penelitian dan 
pengembangan, Elastisitas dan Hukum Hooke
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:33 | 
| Last Modified: | 10 Jul 2023 03:33 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12594 | 

