PENGEMBANGAN INSTRUMENT ASSESSMENT BERBASIS REPRESENTASI UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN KONSEP HUKUM NEWTON DI KELAS X MIPA SMAN 3 KOTA BENGKULU

Utami, Ferina Putri and Mediatri, Rosane and Henny, Johan (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMENT ASSESSMENT BERBASIS REPRESENTASI UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN KONSEP HUKUM NEWTON DI KELAS X MIPA SMAN 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan level 1 yang
dilaksanakan dalam 5 tahap yaitu potensi masalah, studi literatur dan
pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain dan desain teruji. Tujuan
dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Menghasilkan desain Instrument
Assessment berbasis representasi pada materi Hukum Newton dan 2)
Mendeskripsikan penguasaan konsep siswa pada Materi Hukum Newton kelas X
MIPA di SMAN 3 Kota Bengkulu dengan menggunakan instrumen assessment
berbasis representasi. Sumber data penelitian ini yaitu siswa dan guru SMAN 3
Kota Bengkulu. validasi desain dilakukan oleh 3 judgment ahli untuk menilai
produk yang telah dikembangkan dari aspek Content, aspek Editorial dan aspek
Construk. Berdasarkan hasil uji validasi aspek Content didapat hasil persentase
76,5%, aspek Editorial didapat hasil persentase 83% dan aspek Construk didapat
hasil persentase 79% dengan kategori sangat valid. Uji reliabilitas aspek Content
reliabilitas dengan koefisien 0,88, aspek Editorial reliabilitas dengan koefisien
0,80 dan aspek Construk reliabilitas dengan koefisien 0,88 dengan reliabilitas
tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrument
assessment berbasis representasi untuk mengukur penguasaan konsep Hukum
Newton di Kelas X MIPA SMAN 3 Kota Bengkulu yang dikembangkan sudah
valid dan reliabel dengan kriteria baik. Dari hasil uji terbatas yang dilakukan
terhadap 15 siswa di kelas X MIPA 1 didapat skor tertinggi 73 dengan skor
terendah 43 dengan rata-rata 63.
Kata kunci: Instrumen assessment, Representasi, Penguasaan Konsep, Hukum
Newton

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:32
Last Modified: 10 Jul 2023 03:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12597

Actions (login required)

View Item
View Item