EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA KELAS X (Pre Experimental Design)

Ahmad, Heko Akbar and Putri, Desy Hanisa and Connie, Connie (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA KELAS X (Pre Experimental Design). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI HEKO (A1E015031) fix.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI HEKO (A1E015031) fix.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas penggunaan
model open-ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan
pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design tipe one
group pretest postest design Adapun sampel penelitian diambil menggunakan
teknik purposive sampling dari berbagai pertimbangan guru mata pelajaran fisika
sehingga diperoleh siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas uji coba. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan
berpikir kreatif (thitung = 31,47 yang lebih besar dari ttabel = 1,69) dan kemampuan
pemecahan masalah siswa (thitung = 4, 95 yang lebih besar dari ttabel = 1,69), yang
diajarkan menggunakan model open-ended problem untuk variabel kemampuan
berpikir kreatif dan variabel kemampuan pemecahan masalah. Dengan hasil uji N�gain sebesar 0,74 untuk kemampuan berpikir kreatif dan 0,63 untuk uji N-gain pada
kemampuan pemecahan masalah, sehingga dapat disimpulkan bahwa model open�ended problem efektif diterapkan pada kemampuan berpikir kreatif dan
kemampaun pemecahan maalah siswa.
Kata kunci : Open-Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan
Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:32
Last Modified: 10 Jul 2023 03:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item
View Item