Juniadinissjah, Meli and Nirwana, Nirwana and Eko, Risdianto (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI MELI.pdf [thumbnail of SKRIPSI MELI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MELI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis
dan mengetahui respon siswa siswa setelah diterapka Model Direct Instruction
berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah Quasi
Eksperimen. Sampel penelitian diambil menggunakam teknik sampling purposive
yang diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan N-gain
menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas
eksperimen sebesar 0.73 yang artinya mengalami capaian yang tinggi dan
bedasarkan hasil analisis Uji-T dua sampel independen menunjukkan terdapat
pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil
belajar siswa, yaitu thitung 3.82 > ttabel 2.00, dan respon siswa memperoleh 92%
siswa kelas eksperimen memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan
Model Direct Instruction berbasis etnosains. Sehingga disimpulkan terdapat
peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan penggunaan Model Direct
Instruction berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika.
Kata Kunci: Etnosains, Model Direct Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis,
dan Respon siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12600 |