Juniadinissjah, Meli and Nirwana, Nirwana and Eko, Risdianto (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI MELI.pdf [thumbnail of SKRIPSI MELI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI MELI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis 
dan mengetahui respon siswa siswa setelah diterapka Model Direct Instruction
berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah Quasi 
Eksperimen. Sampel penelitian diambil menggunakam teknik sampling purposive
yang diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan N-gain 
menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 
eksperimen sebesar 0.73 yang artinya mengalami capaian yang tinggi dan 
bedasarkan hasil analisis Uji-T dua sampel independen menunjukkan terdapat 
pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil 
belajar siswa, yaitu thitung 3.82 > ttabel 2.00, dan respon siswa memperoleh 92% 
siswa kelas eksperimen memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan 
Model Direct Instruction berbasis etnosains. Sehingga disimpulkan terdapat 
peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan penggunaan Model Direct 
Instruction berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika.
Kata Kunci: Etnosains, Model Direct Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis, 
dan Respon siswa.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:33 | 
| Last Modified: | 10 Jul 2023 03:33 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12600 | 

