Harjilah, Niki and Medriati, Rosane and Dedi, Hamdani (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI NIKI HARJILAH.pdf [thumbnail of SKRIPSI NIKI HARJILAH.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NIKI HARJILAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh yang signifikan
siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir
kritis pada mata pelajaran fisika dan mendeskripsikan berapa besar pengaruh model
inkuiri terbimbing tehadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini
merupakan penelitan quasy experiment dengan desain nonequivalent control group
desain. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 di SMA
Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap 2018/2019 pada konsep usaha dan energi.
Untuk pengujian data digunakan instrumen keterampilan berpikir kritis, yang
berbentuk esai berjumlah enam soal. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor
keterampilan berpikir kritis meningkat dikelas eksperimen. Jadi dari hasil uji
hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan
model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran
fisika siswa SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Besar effect size model inkuiri terbimbing
terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 3,2 dengan pengaruh 94,2%.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12604 |