PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP SUHU SISWA KELAS VII SMP N 3 KEPAHIANG

Agustina, Niya and Fransiska, Connie and Irwan, Koto (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP SUHU SISWA KELAS VII SMP N 3 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Niya Agustina (A1E012058).pdf] Text
Niya Agustina (A1E012058).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah model Pembelajaran Problem Based Learning
dengan Peta Konsep dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa
pada konsep suhu mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat
tahapan, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kepahiang tahun pelajran
2017/2018 yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 20 siswa perempuan dan 11
siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar observasi untuk
melihat aktivitas belajar siswa, lembar test untuk melihat hasil belajar siswa dan
lembar angket untuk melihat minat belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam
melakukan evaluasi untuk melihat hasil belajar siswa minimal 75% siswa nilainya
telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), KKM dari mata pelajaran
IPA adalah 65. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada penelitian Siklus I diperoleh
nilai rata-rata kelas sebesar 46,4. Siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar
56,1. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas siswa sebesar 72,4. Minat
belajar siswa dapat memenuhi indikator keberhasilan apabila persentase skor dari
penilaian lembar angket mencapai lebih dari atau sama dengan 75% dengan
kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dilakukan tindakan di
dalam kelas persentase minat belajar siswa sebesar 35,00 %. Pada siklus I
persentase minat belajar siswa sebesar 43,83 %. Pada siklus II persentase Minat
belajar Siswa sebesar 55, 44. Pada siklus III persentase minat belajar siswa
sebesar 84,07%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Pembelajran Problem Based Learning dengan Peta Konsep dapat meningkatkan
minat dan Hasil Belajar pada konsep suhu siswa kelas VIIa SMP Negeri 3
Kepahiang.
Kata Kunci: Model Pembelajran Problem Based Learing, Peta Konsep, Minat
Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:31
Last Modified: 10 Jul 2023 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item
View Item