Septi, Septi and Sakti, Indra and Desy, Hanisa Putri (2019) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (Project Based Learning) PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI SEPTI A1E015004.pdf [thumbnail of SKRIPSI SEPTI A1E015004.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SEPTI A1E015004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam
lima tahap yang bertujuan untuk mengembangkan modul fisika dengan
pembelajaran berbasis projek.Sampel atau sumber data penelitian ini yaitu guru
fisika SMAN 1, SMAN 5, dan SMAN 6 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan
melalui tahapan yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan
informasi, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru, lembar
angket uji validasi tim ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
modul fisika dengan pembelajaran berbasis projek yang dikembangkan termasuk
dalam kategori sangat valid dan merupakan desain teruji karena mendapatkan
persentase total uji validitas yaitu 82,35%. Berdasarkan hasil dan pembahasan
dengan penambahan petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, kunci
jawaban, materi, gambar, dan produk yang dihasilkan setiap modul alat-alat optik
maka dihasilkanlah modul fisika dengan pembelajaran berbasis projek pada materi
alat-alat optik di SMA
Kata Kunci: Modul Fisika, PjBL, Alat-alat optik, Penelitian pengembangan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12623 |