Utari, Citra and Rohiat, Salastri and Nurhamidah, Nurhamidah (2019) PERBANDINGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN CORE DI SMAN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI CITRA UTARI NPM A1F015013.pdf [thumbnail of SKRIPSI CITRA UTARI NPM A1F015013.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CITRA UTARI NPM A1F015013.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil
belajar kimia siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dan CORE pada materi larutan penyangga di kelas
XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu T.P 2018/2019. Penelitian yang
dilakukan merupakan penelitian dengan jenis eksperimen semu. Populasi
dalam penelitian ini yaitu 243 siswa dari 6 kelas dan sampel 60 siswa dari
2 kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random
sampling. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), selisih
nilai pretest dan postest, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis
(uji t). Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretest dan nilai
postest dimana nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif untuk kelas
STAD dan CORE adalah 52,2 dan 46,333. Sedangkan minat belajar kimia
siswa pada kedua kelas memperoleh presentase sebesar 82,774%
dikategorikan sangat baik dan 77,617% dikategorikan baik. Hasil uji t
dengan taraf signifikan (α=0,05), didapatkan nilai untuk t hitung> t tabel yaitu
2,286 > 1,672 dan 1,970 > 1,672 untuk minat belajar. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar yang signifikan antara
kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
CORE.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Minat Belajar, STAD, CORE
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12638 |