Yuniarti, Endah and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KONSEP REDOKS MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ENDAH YUNIARTI.pdf [thumbnail of SKRIPSI ENDAH YUNIARTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI ENDAH YUNIARTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan penyebab 
miskonsepsi siswa kelas X IPA pada konsep reaksi redoksi di SMAN 9 Kota 
Bengkulu Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian dilaksanakan pada tanggal15 
April s.d 24 Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. 
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling melalui 
undian dari seluruh siswa kelas X IPA SMA N 9 Kota Bengkulu sebanyak 67 
orang sehingga didapatkan 30 orang sampel siswa. Instrumen yang digunakan 
pada penelitian ini adalah tes esai disertai dengan metode Certainty of 
Response Index (CRI) serta wawancara. Berdasarkan hasil analisis data 
penelitian siswa mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil analisis yang telah 
dilakukan persentase miskonsepsi yang terjadi pada siswa sebesar 35,7% 
secara keseluruhan. Miskonsepsi muncul pada semua sub konsep dalam 
materi konsep redoks yakni miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub konsep 
penentuan bilangan oksidasi dalam molekul dan ion yaitu sebesar 46% dan 
miskonsepsi terendah terjadi pada sub konsep pengertian oksidasi dan reduksi 
dalam reaksi redoks ditinjau dari perubahan bilangan oksidasi yaitu sebesar 
23%.. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab miskonsepsi siswa berasal dari 
faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari siswa seperti 
pemikiran assosiatif siswa, apresepsi dan intuisi siswa yang salah, kemampuan 
siswa yang kurang, rendahnya motivasi dan minat belajar siswa selama proses 
pembelajaran, cara belajar siswa, dan tingkat kepercayaan diri siswa pada nilai 
CRI dan faktor eksternal seperti metode pembelajaran yang digunakan dan 
keterbatasan sumber belajar.
Kata Kunci: Miskonsepsi, penyebab miskonsepsi, Certainty of Response Index 
(CRI), Reaksi Reduksi Oksidasi.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:44 | 
| Last Modified: | 10 Jul 2023 08:44 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12644 | 

