PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA MAN 2 KOTA BENGKULU

Sani, ida Nurjelita and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA MAN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI IDA NURJELITA SANI.pdf] Text
SKRIPSI IDA NURJELITA SANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan
penggunaan model pembelajaran problem solving dan problem based
learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan
penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental
dengan desain penelitian posttest only control group desain. Populasi
penelitian ini adalah semua kelas XI MIA MAN 2 Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik simple random
sampling. Data hasil kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari nilai
posttest berupa soal uraian sebanyak enam butir soal dengan indikator
berpikir kritis yang berbeda-beda. Data dianalisis menggunakan program
Statistical Package For Social Sciene (SPSS) versi 16.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis
siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan siswa kelas
eksperimen 2 yaitu 74,09 dan 70,22. Uji hipotesis dengan uji-T pada taraf
signifikansi 0,05 mengahasilkan nilai sig. (2-tailed) > level of significant
yaitu 0,147 > 0,05 sehingga Ho diterima. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 yang menerapkan
model problem solving dan siswa kelas eksperimen 2 yang menerapkan
model problem based learning.
Kata kunci : Problem Solving, Problem Based Learning, Kemampuan
Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item
View Item