Permata, Intan and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran
inkuiri bebas termodifikasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi
hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan
populasi yaitu kelas XI MIPA di MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran
2018/2019 yang berjumlah 131 siswa dan sampel penelitian adalah kelas
XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIPA 2 sebagai kelas
eksperimen 2 yang diperoleh melalui uji normalitas dan homogenitas.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2019. Analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, N-Gain score dan
uji hipotesis. Peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dilihat
dari nilai N-Gain score, sedangkan hasil belajar aspek afektif dan
psikomotor dilihat dari lembar observasi. Data hasil belajar kimia siswa
diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dengan selisih hasil belajar untuk
kelas eksperimen I adalah 45,161 dan kelas eksperimen II adalah 49,091,
berdasarkan dari nilai pre-test dan post-test didapatkan N-Gain score
dimana N-Gain score untuk kelas eksperimen I sebesar 0,579 dan kelas
eksperimen II sebesar 0,689. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan
program SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikan (α=0.05) maka
didapatkan nilai untuk signifikansi > 0.05 yaitu 0.514. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar kelas eksperimen yang menggunakan model problem based
learning dan kelas eksperimen yang menggunakan model inkuiri bebas
termodifikasi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Inkuiri Bebas
Termodifikasi, Audio-Visual
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12649 |