PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Quasi Experiment Research)

Permata, Intan and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran
inkuiri bebas termodifikasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi
hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan
populasi yaitu kelas XI MIPA di MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran
2018/2019 yang berjumlah 131 siswa dan sampel penelitian adalah kelas
XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIPA 2 sebagai kelas
eksperimen 2 yang diperoleh melalui uji normalitas dan homogenitas.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2019. Analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, N-Gain score dan
uji hipotesis. Peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dilihat
dari nilai N-Gain score, sedangkan hasil belajar aspek afektif dan
psikomotor dilihat dari lembar observasi. Data hasil belajar kimia siswa
diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dengan selisih hasil belajar untuk
kelas eksperimen I adalah 45,161 dan kelas eksperimen II adalah 49,091,
berdasarkan dari nilai pre-test dan post-test didapatkan N-Gain score
dimana N-Gain score untuk kelas eksperimen I sebesar 0,579 dan kelas
eksperimen II sebesar 0,689. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan
program SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikan (α=0.05) maka
didapatkan nilai untuk signifikansi > 0.05 yaitu 0.514. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar kelas eksperimen yang menggunakan model problem based
learning dan kelas eksperimen yang menggunakan model inkuiri bebas
termodifikasi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Inkuiri Bebas
Termodifikasi, Audio-Visual

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:44
Last Modified: 10 Jul 2023 08:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12649

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200