PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MATERI ASAM-BASA KELAS XI IPA DI SMAN 03 BENGKULU UTARA

Aditia, Mia Maysella and Handayani, Dewi and Rina, Elvia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MATERI ASAM-BASA KELAS XI IPA DI SMAN 03 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video
pembelajaran berbasis lingkungan yang layak untuk materi asam basa
dan mengukur pemahaman konsep peserta didik di kelas XI IPA di SMA
Negeri 03 Bengkulu Utara T.P 2018/2019 pada tanggal 16 Desember s.d
16 Maret 2019. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang
diadaptasi dari model pengembangan Four D yang terdiri dari 4 tahapan
yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan; (3)
develop atau pengembangan; dan (4) disseminate atau penyebaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang berjumlah
100 peserta didik, sampel yang didapat dari uji normalitas yaitu pada uji
coba skala kecil terdiri dari 12 peserta didik di kelas XI IPA 3 dan uji coba
skala besar terdiri dari 25 peserta didik dikelas XI IPA 2. Data penelitian ini
diperoleh dari hasil angket (kuisioner) berupa skala likert untuk validasi
ahli media dan ahli materi, angket kelayakan media video pembelajaran
berbasis lingkungan untuk peserta didik serta soal tes untuk mengukur
pemahaman konsep peserta didik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa
media video pembelajaran berbasis lingkungan untuk materi asam basa
sangat layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik dan dapat
meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap media video
pembelajaran. Hasil akhir penilaian dari ahli media didapatkan bahwa
media video pembelajaran berbasis lingkungan yang dikembangkan
memperoleh persentase 93% termasuk dalam kriteria “sangat layak”
sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 79,99% dengan
kriteria “layak”. Hasil uji kelayakan terhadap media video pembelajaran
yang diperoleh pada uji coba skala kecil yaitu “sangat layak” dengan
persentase sebesar 92,13% dan hasil uji coba skala besar diperoleh
kriteria kelayakan yaitu “sangat layak” dengan persentase sebesar 92,2%.
Pemahaman konsep peserta didik terhadap media video pembelajaran
memperoleh persentase nilai rata-rata 88,8% dengan “kriteria baik”.
Kata kunci : Video Pembelajaran, Four D, Skala Likert, Asam Basa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:42
Last Modified: 10 Jul 2023 08:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item
View Item