PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEND A PROBLEM DAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU

Asrellawanti, Nada and Handayani, Dewi and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEND A PROBLEM DAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada
kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran Send a
problem dan kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran
Talking chips pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri
4 kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini
ditentukan secara random sampling dari seluruh kelas XI MIPA yang
berjumlah 123 siswa, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 2 dan kelas XI
MIPA 3 dengan jumlah total 64 siswa. Pengumpulan data hasil belajar
kognitif siswa menggunakan pretest dan posttest, sedangkan hasil belajar
psikomotor siswa menggunakan lembar observasi. Analisis data yang
digunakan yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis. Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa penerapan
model pembelajaran Send a problem mampu memberikan hasil belajar
yang lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Talking chips. Nilai
rata-rata hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran pada kelas
eksperimen I adalah 81,33 dan kelas eksperimen II adalah 76,17,
sedangkan rata-rata psikomotor pada kelas eksperimen I yaitu 81,60552%
dan kelas eksperimen II yaitu 75,754%. Berdasarkan uji t pada aspek
kognitif diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan aspek
psikomotor 0,034 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikasi
antara hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model
pembelajaran Send a problem dan Talking chips pada materi Titrasi Asam
Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 kota Bengkulu. Kata kunci : Send a problem,Talking chips, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:42
Last Modified: 10 Jul 2023 08:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12655

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200