Asrellawanti, Nada and Handayani, Dewi and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEND A PROBLEM DAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada 
kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran Send a 
problem dan kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran 
Talking chips pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri 
4 kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini 
ditentukan secara random sampling dari seluruh kelas XI MIPA yang 
berjumlah 123 siswa, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 2 dan kelas XI 
MIPA 3 dengan jumlah total 64 siswa. Pengumpulan data hasil belajar 
kognitif siswa menggunakan pretest dan posttest, sedangkan hasil belajar 
psikomotor siswa menggunakan lembar observasi. Analisis data yang 
digunakan yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji 
hipotesis. Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa penerapan 
model pembelajaran Send a problem mampu memberikan hasil belajar 
yang lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Talking chips. Nilai 
rata-rata hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran pada kelas 
eksperimen I adalah 81,33 dan kelas eksperimen II adalah 76,17, 
sedangkan rata-rata psikomotor pada kelas eksperimen I yaitu 81,60552% 
dan kelas eksperimen II yaitu 75,754%. Berdasarkan uji t pada aspek 
kognitif diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan aspek 
psikomotor 0,034 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikasi 
antara hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model 
pembelajaran Send a problem dan Talking chips pada materi Titrasi Asam 
Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 kota Bengkulu. Kata kunci : Send a problem,Talking chips, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:42 | 
| Last Modified: | 10 Jul 2023 08:42 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12655 | 

