PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEND A PROBLEM DAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU

Asrellawanti, Nada and Handayani, Dewi and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEND A PROBLEM DAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada
kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran Send a
problem dan kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran
Talking chips pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri
4 kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini
ditentukan secara random sampling dari seluruh kelas XI MIPA yang
berjumlah 123 siswa, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 2 dan kelas XI
MIPA 3 dengan jumlah total 64 siswa. Pengumpulan data hasil belajar
kognitif siswa menggunakan pretest dan posttest, sedangkan hasil belajar
psikomotor siswa menggunakan lembar observasi. Analisis data yang
digunakan yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis. Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa penerapan
model pembelajaran Send a problem mampu memberikan hasil belajar
yang lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Talking chips. Nilai
rata-rata hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran pada kelas
eksperimen I adalah 81,33 dan kelas eksperimen II adalah 76,17,
sedangkan rata-rata psikomotor pada kelas eksperimen I yaitu 81,60552%
dan kelas eksperimen II yaitu 75,754%. Berdasarkan uji t pada aspek
kognitif diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan aspek
psikomotor 0,034 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikasi
antara hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model
pembelajaran Send a problem dan Talking chips pada materi Titrasi Asam
Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 kota Bengkulu. Kata kunci : Send a problem,Talking chips, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:42
Last Modified: 10 Jul 2023 08:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12655

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini