Riskiana, Nova and Rohiat, Salastri and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN PENGGUNAAN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Nova Riskiana.pdf [thumbnail of Skripsi Nova Riskiana.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nova Riskiana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidak perbedaan hasil
belajar dan respon siswa antara lab riil dan lab virtual dengan model
discovery learning pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit
di SMAN 8 Kota Bengkulu Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan
pada bulan Januari-Februari 2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi
eksperimen research. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA
dengan jumlah populasi 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah
uji homogenitas dan normalitas maka terpilih kelas X MIA2 dan X MIA3
sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling dengan jumlah
sampel 68 siswa. Kelas eksperimen I menggunakan lab riil dan kelas
eksperimen II mengunakan lab virtual. Data hasil belajar siswa diperoleh
dari nilai pretest, posttest dan angket respon siswa. Kedua perlakuan yang
diberikan dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata pretest
kelas eksperimen I dan eksperimen II yaitu 54.41 dan 54.71 kemudian nilai
rata-rata posttest kelas eksperimen I dan eksperimen II yaitu 85.59 dan
83.82 yang berarti nilai posttest telah mencapai KKM yaitu 75. Data hasil
respon siswa kelas eksperimen I diperoleh nilai 85,35% sedangkan kelas
eksperimen II diperoleh 81.25% dengan kategori “tertarik” artinya siswa
tertarik belajar menggunakan lab riil dan lab virtual. Dilakukan pengujian
hipotesis menggunakan uji U dengan taraf signifikan 0,05 maka didapatkan
nilai signifikansi >0.05 yaitu 0.315. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak
terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen I
dan eksperimen II pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Respon Siswa, Laboratorium Riil, Laboratorium
Virtual, Discovery Learning, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12656 |