Rahayu, Oskaria and Bahar, Amrul and Salastri, Rohiat (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI  OSKARIA RAHAYU (A1F015027).pdf [thumbnail of SKRIPSI  OSKARIA RAHAYU (A1F015027).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI OSKARIA RAHAYU (A1F015027).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan dan mendeskripsikan 
perbandingan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual
(SAVI) dan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap minat 
dan hasil belajar siswa pada materi kimia sistem koloid di kelas XI MIPA 
SMAN 7 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan 
pada bulan Maret – Mei 2019. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah 
penelitian jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah 
seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 6 kelas dengan total populasi 
210 siswa. Sampel diperoleh melalui teknik random sampling dengan uji 
normalitas dan uji homogenitas, dan terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas 
eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan kelas XI 
MIPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model 
pembelajaran GI. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), 
N-Gain Score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t).
Secara umum kedua model pembelajaran terbukti mampu meningkatkan 
minat dan hasil belajar kimia siswa, dimana minat belajar siswa diperoleh 
paling tinggi pada kelas eksperimen I sebesar 81,83% dan pada kelas 
eksperimen II sebesar 70,07% sedangkan hasil belajar siswa sudah 
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 80 dan 77,14. 
Hasil uji t pada aspek afektif didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 
yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap 
minat belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran 
Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dengan model pembelajaran 
Group Investigation (GI) dan hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan 
nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,181 yang menyatakan bahwa tidak terdapat 
perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa yang 
menggunakan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual 
(SAVI) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI).
Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Somatik, Auditori, Visual, 
Intelektual (SAVI), Group Investigation (GI).
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:39 | 
| Last Modified: | 10 Jul 2023 08:39 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12657 | 

