Sihaloho, Samuel and Amir, Hermansyah and Salastri, Rohiat (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2018/2019. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI SAMUEL.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Learning
Cycle 5E terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Larutan
Penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu Tahun Ajaran
2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan
dilakukan pada bulan Januari – Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 4 kelas dengan total
populasi 122 orang siswa. Sampel diperoleh melalui metode random
sampling dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap
populasi dan terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan
menerapakan model pembelajaran Discovery Learning dan XI IPA 3
sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model pembelajaran
Learning Cycle 5E. Jenis analisis data yang digunakan adalah rata-rata
(mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t).
Berdasarkan hasil penelitian, secara umum kedua model pembelajaran ini
dapat meningkatkan hasil belajar siswa di mana hasil belajar siswa sudah
melewati Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan nilai hasil belajar yang
paling tinggi terdapat pada kelas yang menerapkan Model Pembelajaran
Learning Cycle 5E. Pada Kelas Eksperimen 1 diperoleh rata rata nilai tes
akhir yaitu 77,94 dan selisih nilai tes akhir - tes awal yaitu 45,00
sedangkan pada Kelas Eksperimen 2 diperoleh rata – rata nilai tes akhir
yaitu 81,33 dan selisih nilai tes akhir – tes awal yaitu 52,33. Berdasarkan
hasil uji t didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,027 yang menyatakan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia siswa
pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Discovery Learning
dan Learning Cycle 5E
Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning, Learning Cycle 5E.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12661 |