PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

Ningsih, Septri Nurjaya and Rohiat, Salastri and Hermansyah, Amir (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SEPTRI NURJAYA NINGSIH A1F015036.pdf] Text
SKRIPSI SEPTRI NURJAYA NINGSIH A1F015036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar
kimia siswa kelas eksperimen I dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dan kelas eksperimen II menerapkan
model pembelajaran Numbered Head Together pada materi tatanama
senyawa di kelas X IPA MAN Rejang Lebong tahun ajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan
pada bulan Februari sampai Maret 2019. Populasi pada penelitian ini
seluruh kelas X IPA MAN Rejang Lebong yaitu X IPA 1 sampai X IPA 3
yang berjumlah 96 siswa.Sampel diperoleh dengan cara uji normalitas dan
uji homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji
normalitas, uji homogenitas, N-gain score dan uji hipotesis. Hasil uji
normalitas dan homogenitas diperoleh 2 kelas, kelas X IPA 1 sebagai
eksperimen I berjumlah 32 siswa dan kelas X IPA 3 sebagai kelas
eksperimen II berjumlah 32 siswa. Secara umum kedua model
pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar, dimana model
pembelajaran Numbered Head Together memperoleh hasil belajar yang
lebih tinggi ditunjukkan oleh hasil N-gain score sebesar 0,75. Hasil uji
hipotesis menunjukkan nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,039 < 0,05. Hal ini
menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio
Exchange dan model pembelajaran Numbered Head Together.
Kata kunci : Rotating Trio Exchange, Numbered Head Together, Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:55
Last Modified: 10 Jul 2023 08:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item
View Item