Ikram, Ahmad Fadli Zil and Elvia, Rina and Dewi, Handayani (2019) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PRESENTASI ONLINE PREZI PADA MATERI KONSEP MOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI AHMAD FADLI ZIL IKRAM.pdf [thumbnail of SKRIPSI AHMAD FADLI ZIL IKRAM.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AHMAD FADLI ZIL IKRAM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaatan media
presentasi online Prezi pada materi konsep mol terhadap hasil belajar
siswa Kelas X MIPA SMA N 9 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Data berupa N-Gain Score,
lembar observasi guru, angket respon siswa. Analisis data menggunakan
rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Data hasil
belajar siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest dengan rata-rata
34,636 dan 71,545 untuk kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol
27,407 dan 61,407. Pemanfaatan media online Prezi mendapat nilai N�Gain Score sebesar 0,587 diperoleh dari rata-rata pretest dan posttest.
Hasil observasi guru kimia pembelajaran berlangsung dengan baik
dengan skor total 20. Respon siswa dari angket berisi 10 pernyataan
sangat positif dengan persentase 81,93%. Berdasarkan hasil uji hipotesis
(Uji t) dengan taraf signifikansi < 0,05 didapat nilai 0,000423. Hal ini
menunjukkan bahwa pembelajaran kimia yang menggunakan media
presentasi online Prezi dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada
pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Hasil belajar, respon siswa, media online, presentasi Prezi,
pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:07 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12666 |