Krisma, Apria Haja and Handayani, Dewi and Nurhamidah, Nurhamidah (2019) "PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA ". ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI APRIA HAJA KRISMA.pdf [thumbnail of SKRIPSI APRIA HAJA KRISMA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI APRIA HAJA KRISMA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan hasil belajar
antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Two stay two stray
dengan kelas yang menerapkan model Group investigation pada materii
perkembangan teori atom di kelas X IPA SMA Negeri 9 kota Bengkulu.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan jenis
eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata
(mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji U). Populasi
pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA sebanyak tiga kelas. Sampel
pada penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas X IPA 2 sebagai
kelas eksperimen I dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen II. Data
hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretes dan postes. Hasil dari
nilai rata-rata pretes dan postes sebesar 33,751 dan 74,643 untuk kelas
exsperimen I sedangkan pada kelas exsperimen II nilai pretest dan
postest sebesar 30,385 dan 72,308 dengan rata-rata nilai selisih untuk
kelas two stay two stray dan group investigation adalah sebesar 41,072
dan 41,923. Data tersebut menyimpulkan bahwa kelas eksperimen II
lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pada
kelas eksperimen I meskipun nilai rata-rata yang diperoleh dari kedua
kelas masih dibawah setandar KKM. Berdasarkan hasil uji Hipotesis (uji
U) dengan taraf signifikansi < 0,05 didapatkan nilai signifikansi hitunga
sebesar 0,466. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan
yang signifikan antara model pembelajaran two stay two stray dengan
model pembelajaran group investigation.
Kata Kunci: Hasil belajar, two stay two stray, group investigation
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:17 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12667 |