Pepi, Pepi and Amir, Hermansyah and Rina, Elvia (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA DI SMAN 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PEPI_FKIP[1].pdf [thumbnail of PEPI_FKIP[1].pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PEPI_FKIP[1].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw dengan pendekatan
Scientific terhadap hasil dan minat belajar kimia pada materi konsep mol
di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t).
Secara umum kedua model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil
dan minat belajar kimia siswa, berdasarkan tes yang dilakukan kedua
kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang telah mencapai KKM yaitu 76
dengan perolehan nilai N-Gain Score pada model pembelajaran Think
Pair Share (TPS) sebesar 0,71 dan model pembelajaran Jigsaw sebesar
0,79. Sedangkan minat belajar kimia siswa pada kedua kelas
memperoleh persentase sebesar 75,93% untuk model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) dan 82,01% untuk model pembelajaran Jigsaw.
Hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar
0,002 dan pada aspek afektif sebesar 0,000. Hal tersebut menyatakan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil dan minat belajar
kimia yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan
Jigsaw dengan pendekatan Scientific.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Minat Belajar, Think Pair Share, Jigsaw,
Pendekatan Scientific.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12671 |